Jumat, 06 Mei 2011

SILABUS BERKARAKTER BUDAYA BANGSA

Pengertian Pendidikan Karakter Budaya Bangsa

Pendidikan:
Suatu usaha yang sadar dan sistematis dalam mengembangkan potensi peserta didik.
Budaya:
Keseluruhan sistem berpikir, nilai, moral, norma, dan keyakinan (belief) manusia yang dihasilkan masyarakat.
Karakter:
Watak, tabiat, akhlak, atau kepribadian seseorang yang  terbentuk dari hasil internalisasi berbagai kebajikan (virtues) yang diyakini dan digunakan sebagai landasan untuk cara pandang, berpikir, bersikap, dan bertindak.
Dengan demikian Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa:
Suatu usaha sadar dan sistematis dalam mengembangkan potensi peserta didik agar mampu melakukan proses internalisasi, menghayati nilai-nilai menjadi kepribadian mereka dalam bergaul di masyarakat, dan mengembangkan kehidupan masyarakat yang lebih sejahtera, serta mengembangkan kehidupan bangsa yang bermartabat.

Tujuan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa:
  • Mengembangkan potensi kalbu/nurani/afektif peserta didik sebagai manusia dan warga negara yang memiliki nilai-nilai budaya dan karakter bangsa
  • Mengembangkan kebiasaan dan perilaku peserta didik yang terpuji dan sejalan dengan nilai-nilai universal dan tradisi budaya bangsa yang religius
  • Menanamkan jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab peserta didik
  • Mengembangkan kemampuan peserta didik dan mengembangkan lingkungan kehidupan sekolah
Silabus Berkarakter Budaya Bangsa
Merupakan pengembangan silabus yang mengimplementasikan karakter budaya bangsa. Jadi silabus yang tersusun sebagai kerangka dasar proses pembelajaran mengintegrasikan nilai-nilai karakter budaya bangsa.
Puskur sudah mengembangkan melalui berbagai pelatihan, direncanakan tahun 2014 sudah tuntas. Semua jenjang pendidikan harus melaksanakan hal tersebut.
Pengintegrasian karakter budaya bangsa dalam administrasi pembelajaran dimasukkan ke dalam Silabus, Pemetaan Materi, RPP dan Evaluasi pembelajaran.
----------------------------------------------------------
---- baca juga: SILABUS, RPP BERKARAKTER ---
----------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar